Pages

Sabtu, 30 Maret 2013

INDUKTIF

Paragraf merupakan bagian dari telaah wacana dalam bahasa Indonesia. Penalaran dalam paragraph sebuah bacaan dapat berpola deduktif dan induktif. Penalaran induktif adalah proses penalaran yang bertolak dari peristiwa yang sifatnya khusus menu ju pertanyaan umum.
Ciri-ciri paragraph induktif :
  1. Letak kalimat utama  di akhir paragraph.
  2. Diawali dari penjelasan khusus kemudian diakhiri dengan penjelsaan umum.
Selain induktif, ada pula paragraph deduktiif. Paragraph deduktif adalah paragraph yang bertolak dari peristiwa-peristiwa yang sifatnya umum menuju khusus.
Ciri-ciri paragraph deduktif :
  1. Letak kalimat utamanya diawal paragraph
  2. Diawali dengan pernyataan umum disusun dengan uraian atau penjelasan khusus.
Paragraf Generalisasi merupakan proses penalaran yang bertolak dari sejumlah fakta atau gejala khusus yang diamati lalu ditarik kesimpulan umum tentang sebagian atau seluruh gejala yang diamati itu. Secara umum, generalisasi adalah pernyataan yang berlaku umum untuk semua atau sebagian besar gejala yang diamati. Paragraf ini memang sulit untuk dipahami sob… untuk itu, mari belajar sama-sama. Didalam pengembangan karangan, generalisasi perlu ditunjang atau dibuktikan dengan fakta-fakta, contoh-contoh, data statistic, dan sebagainya yang merupakan spesifikasi penjelasan lebih lanjut.
Paragraf Analogi merupakan proses penalaran yang berdasarkan pada pembagian dan terhadap sejumlah gejala khusus yang memiliki kesamaan, kemudian ditarik kesimpulan. Paragraph ini juga susah untuk dimengerti.
Paragraf Sebab Akibat merupakan penalaran yang dimulai dengan mengemukakan fakta yang berupa sebab dan sampai pada kesimpulan yang merupakan akibat.
Semua paragraph diatas, sangat sulit dimengerti memang. Yang paling mudah dipahami, menurut saya adalah paragraph sebab akibat. Karena mudahnya paragraph ini diawali dengan sebab menuju ke akibat.

Contoh Paragraf Induktif - Pada tulisan terdahulu sudah dipublikasikan tentang Contoh Paragraf Deduktif dan pada postingan kali ini akan dipublikasikan pula contoh paragraf induktif kepada teman-teman semuanya.

Sebelum contoh paragraf induktif ini dipublikasikan, maka alangkah lebih baiknya, jika terlebih dahulu kita bahas mengenai pengertian dari paragraf induktif itu sendiri. Adapun pengertian dari paragraf induktif adalah paragraf yang dimulai dengan pernyataan-pernyataan tentang pendapat, sementara kesimpulan dari topik yang dibahas akan dipaparkan pada akhir paragraf.

Contoh Paragraf Induktif

Setelah mengetahui tentang pengertian paragraf induktif diatas, maka berikut ini akan dipublikasikan contoh paragraf induktif yang terdiri dari contoh paragraf induktif generalisasi dan contoh paragraf induktif sebab akibat.

Contoh Paragarf Induktif Generalisasi
Setelah karangan anak-anak kelas 3 diperiksa, ternyata Ali, toto, Alex, dan Burhanmendapat nilai 8. Anak-anak yang lain mendapat 7. Hanya Maman yang 6, dan tidak seorang pun mendapat nilai kurang. Boleh dikatakan, anak kelas 3 cukup pandai mengarang.

Contoh Paragraf Induktif Sebab Akibat
Era Reformasi tahun pertama dan tahun kedua ternyata membuahkan hasil yang membesarkan hati. Pertanian, perdagangan, dan industri, dapat direhabilitasi dan dikendalikan. Produksi nasional pun meningkat. Ekspor kayu dan naiknya harga minyak bumi di pasaran dunia menghasilkan devisa bermiliar dolar AS bagi kas negara. Dengan demikian, kedudukan rupiah menjadi kian mantap. Ekonomi Indonesia semakin mantap sekarang ini. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila mulai tahun ketiga Era Reformasi ini, Indonesia sudah sanggup menerima pinjaman luar negeri dengan syarat yang kurang lunak untuk membiayai pembangunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar