Pages

Selasa, 15 November 2011

SAIL BELITUNG



Kapal yacht yang mengambil bagian dalam Sail Indonesia kini melanjutkan perjalanan mereka melalui perairan Indonesia lainnya ke lepas pantai timur Sumatera Selatan. Tujuan kapal-kapal tersebut adalah ke barat ke Pulau Belitung di Provinsi Bangka-Belitung.
Kapal-kapal yacht tersebut dimungkinkan tiba di Belitung pada awal Oktober namun puncak Sail Belitung akan berlangsung pada 5-12 Oktober 2011. Akan tetapi, serangkaian kegiatan telah berlangsung sejak April lalu.
Sebelumnya kapal-kapal ini mengawali perjalanan mereka dari Pelabuhan Darwin Australia kemudian berlayar ke barat laut ikut ambil bagian dalam Sail Wakatobi. Kapal yacht yang berpartisipasi siap disambut oleh kemegahan dan keramahan hangat masyarakat Belitung yang dikenal sebagai Pulau Laskar Pelangi.
Mengusung tema “Clean Ocean for the Future”, Sail Belitung akan diisi oleh berbagai acara menarik seperti: Yacht Rally dan Yacht Race, atraksi jet ski, pameran produk olahan laut, Singapore-Belitung Cruise, kompetisi memancing nasional, kompetisi menyelam nasional, festival laut dan layangan, parade kapal nelayan, kompetisi photografi bawah laut, serta dan pemecahan rekor dunia Guinness World Record yaitu bermain catur di dalam air. Seluruh rangkaian kegiatan akan berlangsung pada 10 Oktober 2011, dimana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menghadirinya.
Rangkaian acara dilengkapi Seminar Internasional Wisata Bahari dengan topik  “Marine Tourism Destination Management for Sustainable Development". Seminar tersebut yang diadakan di Hotel Novotel, Pangkalan Baru, pada 21-22 September 2011. Di antara pembicara dalam seminar ini antara lain: DR. Cesar Castaneda (CED), Prof DR. Ir. Chafid Fandeli, MS, Prof DR. Dietriech G. Bengen, DR. Supraktikno, David Sanders, DR. rer.nat. Dadang K. Mihardja, Budi Setiawan, James McPaul, Walikota Wakatobi, dan Konsul Jenderal Seychelles Nico Barito.
Sementara itu,  perlombaan kapal layar yang merupakan kegiatan utama dalam Sail Belitung akan mengambil tempat di Pantai Tanjung Kelayang. Acaranya berlangsung pada 5-12 Oktober 2011. Dalam tanggal yang sama, akan ada juga kegiatan sosial-kesehatan bertajuk “Operasi Surya Bhakti Bhaskara Jayayang akan diadakan di Pulau Bangka dan Belitung untuk 483 pasien.
Di samping seluruh kegiatan utama, ada juga kegiatan pendukung lainnya yang akan berlangsung pada 1-19 Oktober, di antaranya: East Belitung Fair di Kabupaten Belitung Timur, aktifitas konservasi pantai di Pangkalpinang, kompetisi barongsai memperebutkan piagam presiden, kompetisi renang Selat Nasik, serta kompetisi voli Pantai Asia Pasifik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar