Pages

Senin, 26 Maret 2012

penawaran dan permintaan ( tugas ke dua)



Penawaran dan permintaan


Penawaran dan permintaan adalah model ekonomipenetapan harga dalam pasar . It concludes that in a competitive market , the unit price for a particular good will vary until it settles at a point where the quantity demanded by consumers (at current price) will equal the quantity supplied by producers (at current price), resulting in an economic equilibrium of price and quantity. Ini menyimpulkan bahwa dalam pasar yang kompetitif , dengan harga satuan untuk barang tertentu akan bervariasi sampai mengendap pada suatu titik di mana kuantitas yang diminta oleh konsumen (harga berlaku) akan sama dengan kuantitas yang ditawarkan oleh produsen (harga berlaku), yang mengakibatkan ekonomi keseimbangan harga dan kuantitas. dari
The four basic laws of supply and demand are: [ 1 ] Empat hukum dasar penawaran dan permintaan adalah: [1]
  1. If demand increases and supply remains unchanged, then it leads to higher equilibrium price and higher quantity. Jika permintaan meningkat dan penawaran tetap tidak berubah, maka menyebabkan harga keseimbangan yang lebih tinggi dan kuantitas yang lebih tinggi.
  2. If demand decreases and supply remains unchanged, then it leads to lower equilibrium price and lower quantity. Jika permintaan menurun dan penawaran tetap tidak berubah, maka itu mengarah pada harga ekuilibrium yang lebih rendah dan kuantitas rendah.
  3. If supply increases and demand remains unchanged, then it leads to lower equilibrium price and higher quantity. Jika pasokan meningkat dan permintaan tetap tidak berubah, maka itu mengarah pada harga ekuilibrium yang lebih rendah dan kuantitas yang lebih tinggi.
  4. If supply decreases and demand remains unchanged, then it leads to higher equilibrium price and lower quantity. Jika pasokan berkurang dan permintaan tetap tidak berubah, maka menyebabkan harga keseimbangan yang lebih tinggi dan kuantitas rendah.

Harga pasar suatu barang ditentukan oleh pasokan dan permintaan untuk itu. In 1890, English economist Alfred Marshall published his work, Principles of Economics , which was one of the earlier writings on how both supply and demand interacted to determine price. Pada tahun 1890, Inggris ekonom Alfred Marshall menerbitkan karyanya, Prinsip Ekonomi yang merupakan salah satu dari tulisan-tulisan sebelumnya tentang bagaimana kedua penawaran dan permintaan berinteraksi untuk menentukan harga. Today, the supply-demand model is one of the fundamental concepts of economics. Hari ini, model supply-demand adalah salah satu konsep dasar ekonomi. The price level of a good essentially is determined by the point at which quantity supplied equals quantity demanded. Tingkat harga yang baik sebuah dasarnya ditentukan oleh titik di mana kuantitas yang ditawarkan sama dengan kuantitas yang diminta. To illustrate, consider the following case in which the supply and demand curves are plotted on the same graph. Untuk mengilustrasikan, perhatikan kasus berikut di mana kurva penawaran dan permintaan diplot pada grafik yang sama.

The law of supply and demand predicts that the price level will move toward the point that equalizes quantities supplied and demanded. Hukum penawaran dan permintaan memprediksi bahwa tingkat harga akan bergerak ke arah titik yang menyetarakan jumlah disediakan dan menuntut. To understand why this must be the equilibrium point, consider the situation in which the price is higher than the price at which the curves cross. Untuk memahami mengapa hal ini harus menjadi titik kesetimbangan, mempertimbangkan situasi di mana harga lebih tinggi dari harga di mana kurva menyeberang. In such a case, the quantity supplied would be greater than the quantity demanded and there would be a surplus of the good on the market. Dalam kasus seperti itu, kuantitas yang ditawarkan akan lebih besar daripada jumlah yang diminta dan akan ada surplus yang baik di pasar. Specifically, from the graph we see that if the unit price is $3 (assuming relative pricing in dollars), the quantities supplied and demanded would be: Secara khusus, dari grafik kita melihat bahwa jika harga satuan adalah $ 3 (dengan asumsi harga relatif dalam dolar), kuantitas yang ditawarkan dan menuntut akan menjadi:
Quantity Supplied = 42 units Jumlah Disediakan = 42 unit
Quantity Demanded = 26 units Jumlah Dituntut = 26 unit
Therefore there would be a surplus of 42 - 26 = 16 units. Oleh karena itu akan ada surplus 42 - 26 = 16 unit. The sellers then would lower their price in order to sell the surplus. Penjual kemudian akan menurunkan harga mereka untuk menjual surplus.
Suppose the sellers lowered their prices below the equilibrium point. Misalkan penjual menurunkan harga mereka di bawah titik ekuilibrium. In this case, the quantity demanded would increase beyond what was supplied, and there would be a shortage. Dalam hal ini, jumlah yang diminta akan meningkat melebihi apa yang diberikan, dan akan ada kekurangan. If the price is held at $2, the quantity supplied then would be: Jika harga diadakan pada $ 2, kuantitas yang ditawarkan maka akan menjadi:
Quantity Supplied = 28 units Jumlah Disediakan = 28 unit
Quantity Demanded = 38 units Jumlah Dituntut = 38 unit
Therefore, there would be a shortage of 38 - 28 = 10 units. Oleh karena itu, akan ada kekurangan dari 38 - 28 = 10 unit. The sellers then would increase their prices to earn more money. Penjual kemudian akan meningkatkan harga mereka untuk mendapatkan lebih banyak uang.
The equilibrium point must be the point at which quantity supplied and quantity demanded are in balance, which is where the supply and demand curves cross. Titik ekuilibrium harus menjadi titik di mana kuantitas yang ditawarkan dan kuantitas yang diminta seimbang, yang mana kurva penawaran dan permintaan menyeberang. From the graph above, one sees that this is at a price of approximately $2.40 and a quantity of 34 units. Dari grafik di atas, orang melihat bahwa ini adalah dengan harga sekitar $ 2,40 dan kuantitas 34 unit.
To understand how the law of supply and demand functions when there is a shift in demand, consider the case in which there is a shift in demand: Untuk memahami bagaimana hukum penawaran dan fungsi permintaan ketika ada pergeseran dalam permintaan, mempertimbangkan kasus di mana ada pergeseran permintaan:
 Dalam contoh ini, pergeseran positif dalam hasil permintaan di titik keseimbangan pasokan-permintaan baru yang lebih tinggi baik dalam kuantitas dan harga. For each possible shift in the supply or demand curve, a similar graph can be constructed showing the effect on equilibrium price and quantity. Untuk setiap perubahan mungkin dalam kurva penawaran atau permintaan, grafik yang sama dapat dibangun menunjukkan efek pada harga keseimbangan dan kuantitas. The following table summarizes the results that would occur from shifts in supply, demand, and combinations of the two. Tabel berikut menyajikan hasil yang akan terjadi dari pergeseran pasokan, permintaan, dan kombinasi dari keduanya.

B. Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran
Jika semua asumsi diabaikan (ceteris paribus) : Jika harga semakin murah maka permintaan atau pembeli akan semakin banyak dan sebaliknya. Jika harga semakin rendah/murah maka penawaran akan semakin sedikit dan sebaliknya.
Semua terjadi karena semua ingin mencari kepuasan (keuntungan) sebesar-besarnya dari harga yang ada. Apabila harga terlalu tinggi maka pembeli mungkin akan membeli sedikit karena uang yang dimiliki terbatas, namun bagi penjual dengan tingginya harga ia akan mencoba memperbanyak barang yang dijual atau diproduksi agar keuntungan yang didapat semakin besar. Harga yang tinggi juga bisa menyebabkan konsumen/pembeli akan mencari produk lain sebagai pengganti barang yang harganya mahal.
Hukum permintaan
Hukum permintaan adalah hukum yang menjelaskan tentang adanya hubungan yang bersifat negatif antara tingkat harga dengan jumlah barang yang diminta. Apabila harga naik jumlah barang yang diminta sedikit dan apabila harga rendah jumlah barang yang diminta meningkat. Dengan demikian hukum permintaan berbunyi:
“Semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia diminta.”



Pada hukum permintaan berlaku asumsi ceteris paribus. Artinya hukum permintaan tersebut berlaku jika keadaan atau faktor-faktor selain harga tidak berubah (dianggap tetap).
Hukum penawaran
Bahwa semakin tinggi harga, jumlah barang yang ditawarkan semakin banyak. Sebaliknya semakin rendah harga barang, jumlah barang yang ditawarkan semakin sedikit. Inilah yang disebut hukum penawaran. Hukum penawaran menunjukkan keterkaitan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga. Dengan demikian bunyi hukum penawaran berbunyi:
“Semakin tingi harga, semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditwarkan.”



Hukum penawaran akan berlaku apabila faktor-faktor lain yang memengaruhi penawaran tidak berubah (ceteris paribus).

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN
1. Perilaku konsumen / selera konsumen
Saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli, tetapi beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno.
2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.
3. Pendapatan/penghasilan konsumen
Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli.
4. Perkiraan harga di masa depan
Barang yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.
5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
Ketika flu burung dan flu babi sedang menggila, produk masker pelindung akan sangat laris. Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah, timun suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar