Pages

Selasa, 04 Oktober 2011

ORGANISASI YANG SAYA IKUTI DI KAMPUS






Pengornanisasian merupakan suatu bentuk dari pengaturan suatu organisasi yang dilaksanakan oleh para angotanya untuk mencapai maksud dan tujuan kelompok atau organisasi tersebut. Berbicara tentang penggerakan pada organisasi pemuda maka tentu dirasakan efek atas apa terjadi pada pergerakan organisasi pemuda dan mahasiswa yang terjadi sejak dulu. Dan dapat kita rasakan hasilnya pada saat ini.


di Indonesia adalah kegiatan kemahasiswaan yang ada di dalam maupun di luar perguruan tinggi yang dilakukan untuk meningkatkan kecakapan, intelektualitas dan kemampuan kepemimpinan para aktivis yang terlibat di dalamnya.

Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, gerakan mahasiswa seringkali menjadi cikal bakal perjuangan nasional, seperti yang tampak dalam lembaran sejarah bangsa. Misalanyha saja pergerakan budi utomo merupakan wadah perjuangan yang pertama kali memiliki struktur pengorganisasian modern. Didirikan di Jakarta, oleh pemuda-pelajar-mahasiswa dari lembaga pendidikan Stovia, wadah ini merupakan refleksi sikap kritis dan keresahan intelektual terlepas dari primordialisme Jawa yang ditampilkannya.. Oragisasi pemuda dan mahasiswa tersebut merupakan cikal dari perjuangan nasional yang menghasilkan kebebasan bangsa Indonesia.
Ontoh lain yang lebih dekat adalah zaman reformasi yang kita rasakan saat ini. dimana zaman orde lama yang telah berjalan turun temurun beberapa dekade telah tumbang menjadi era reformasi dimana tiap-tiap individu lebih bebas menyampaikan hak-hak dan aspirasinya kepada pemerintah. 

Beberapa contoh tersebut dapat kita lihat bahwa pantingnya penerapan pada organisasi pemuda dan mahasiswa karena merupakan suatu kekuatan besar dalam perubahan suatu era kehidupan.


Pengorganisasian mahasiswa juga sangatlah penting dalam suatu kegiatan organisasi karena pengorganisasian mahasiswa berguna untuk memantau jalanya kehidupan berpolitik, selain itu juga berguna untuk kehidupan bermasyarakat dan Lingkungannya.

Di setiap sekolah atau kampus biasanya ada sederet daftar kegiatan tambahan ekstrakuriluler atau yang disingkat dengan sebutan ekskul yang diizinkan sekolah dengan siswa sekolah atau mahasiswa perguruan tinggi tersebut sebagai anggotanya.
Manfaat, fungsi dan tujuan diadakannya kegiatan ekskul baik di sekolah maupun di kampus adalah sebagai wadah penyaluran hobi, minat dan bakat para siswa / mahasiswa secara positif yang dapat mengasah kemampuan, daya kreativitas, jiwa sportivitas, meningkatkan raa percaya diri, dan lain sebagainya.
Akan lebih baik lagi apabila mampu memberikan prestasi yang gemilang di luar sekolah sehingga dapat mengharumkan nama sekolah atau kampus kita. Walaupun secara akademis nilai dari ekstrakurikuler tidak masuk secara langsung ke nilai rapot, namun kegunaannya jauh lebih bermanfaat daripada tidak melakukan banyak hal di luar jam belajar.
Berikut ini adalah nama-nama ekskul yang umumnya ada di institusi pendidikan formal, yakni :
A. Ekstrakurikuler / Ekskul Olahraga :
- Sepak Bola
- Bola Basket
- Bola Voli
- Futsal
- Tenis Meja
- Bulutangkis
- Renang
- Billyard
- Bridge
- Fitnes

B. Ekstrakurikuler / Ekskul Seni Beladiri :
- Karate
- Silat
- Tae Kwon Do
- Gulat
- Tarung Drajat
- Kempo
- Wushu
- Capoeira
- Tinju
- Merpati Putih

C. Ekstrakurikuler / Ekskul Seni Musik
- Band
- Paduan Suara
- Orkestra
- Drumband / Marchingband
- Akapela
- Angklung
- Nasyid
- Qosidah
- Karawitan

D. Ekstrakurikuler / Ekskul Seni Tari Dan Peran
- Cheerleader
- Modern Dance / Tari Modern
- Tarian Tradisional
- Teater

E. Ekstrakurikuler / Ekskul Seni Media
- Jurnalistik
- Majalah Dinding / Mading
- Redio Komunikasi
- Fotografi
- Sinematrografi

F. Ekstrakurikuler / Ekskul Lainnya
- Komputer
- Otomotif / Bengkel
- Palang Merah Remaja / PMR
- Pramuka
- Karya Ilmiah Remaja / KIR
- Pecinta Alam
- Bahasa
- Paskibra / Pasukan Pengibar Bendera
- Kerohanian (Rohis, Rohkris, dll)
- Klub Bikers
- Wirausaha
- Koperasi Siswa / Kopsis
- Video Game, dll

Mungkin tidak semua ektrakulikuler yang ada tercantum di atas. Jika sekolah atau kampus anda belum ada ekskul yang diinginkan, anda mungkin bisa mendirikan ekskul tersebut dengan atas persetujuan pihak sekolah atau kampus anda.

Saya yang mengambil kuliah di kampus gunadarma salemba,, jujur saja sangat sulit untuk mengikuti organisasi karena keterbatasan waktu luang,, jadwal kuliah yang padat juga tugas yang menumpuk ,, belum lagi hal nya keterbatasan materi dan perjalanan ke daerah depok yang memakan waktu( karena semua organisasi mahasiswa berada disana pusatnya jadi gag mungkin ke cabang kampus).
Namun saya sempat mengikuti organisasi mahasiswa HIMSI yang bernaung di bawah kepemimpinan mahasiswa system informasi. Dulu  HIMSI sempat di bubarkan karena adanya suatu hal yang terjadi dan tidak bisa saya jelaskan disini ( sifatnya pribadi di dalam himsi).
Himsi adalah perkumpulan mahasiswa system informasi capuran ( depok, kalimalang dan salemba) kami lebih sering berbagi tentang pengalaman kami di kelas dan pengetahuan kami di luar karena di himsi kami di wajibkan untuk berbagi pengetahuan yang berhubungan dengan sistem informasi. Alhamdulilah sangat terbantu semenjak masuk himsi karena senior disana tidak segan dalam berbagi ilmu dan berbagi senyuman. Tidak jarang pula kami berbagi dalam materi dan hal lain. Di himsi kami bisa mengenal anak anak sejurusan yang kuliah di lain tempat(gunadarma). saya sangat senang mengikuti organisasi ini walaupun sejujurnya saya sudah jarang kumpul di karenakan waktu yang terbatas oleh tugas kuliah( saya lebih mengutamakan tugas kuliah) tapi saya berharap saya bisa bergabung lagi di HIMSI dan mulai menoreh cerita baru lagi bersama mereka.


i love himsi,, i love gunadarma,, i love my campus
by : wulan nurfadilah sulistiani
kelas : 2ka21
18110578(npm)

tugas ini di buat untuk melengkapi tugas softskill teori organisasi umum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar